Sunday, October 17, 2010

Jenis Benang untuk Bahan Kaos

Jenis rajutan untuk bahan kaos sudah kita bahas kemarin, nah sekarang kita akan membahas jenis benang untuk bahan kaos. Penggunaan jenis benang bukan berdasarkan untuk pembuatan kaos anak atau kaos dewasa, melainkan berdasarkan ketebalan bahan kaos yang akan kita inginkan. Para pen jual kaos murah mustinya sudah sangat paham dengan jenis benang ini, namun bagi yang masih awam tidak ada salahnya kita ikuti tulisan saya ini, :D.

PeeWee Flanel dalam memilih benang 20s dan 30s untuk pembuatan kaos nama anak dan kaos flanel. Benang tipe ini juga merupakan tipe yang banyak digunakan oleh distro distro kaos di Indonesia. Hasil atau karakteristik dari bahan yang dihasilkan oleh benang tipe ini memang sangat halus, lembut, dan nyaman digunakan untuk anak, jadi sangat cocok untuk pembuatan baju anak atau pakaian anak.

Bahan dasar dari semua pakaian adalah benang. Untuk suatu benang menjadi kain kaos, harus melalui proses dirajut atau knitting dengan mesin khusus.

JENIS BENANG UNTUK BAHAN KAOS

1. BENANG 20S.
Biasanya dipakai apabila kita menghendaki ketebalan atau gramasi bahan kaos antara 180 sampai dengan 220 gram/m2 untuk jenis rajutan Single Knitt.

2. BENANG 24S
Biasa dipakai apabila kita menghendaki ketebalan atau gramasi bahan kaos antara 170 sampai dengan 210 gram/m2 untuk jenis rajutan Single Knitt.

3. BENANG 30S
Biasa dipakai apabila kita menghendaki ketebalan atau gramasi bahan kaos antara 140 sampai dengan 160 gram/m2 untuk jenis rajutan Single Knitt atau Gramasi 210 sampai dengan 230 gram/m2 untuk jenis rajutan Double Knitt.

4. BENANG 40 S
Biasa dipakai apabila kita menghendaki ketebalan atau gramasi bahan kaos antara 110 sampai dengan 120 gram/m2 untuk jenis rajutan Single Knitt atau Gramasi 180 sampai dengan 200 gram/m2 untuk jenis rajutan Double Knitt.

Sumber: http://distro.indonesiapunya.com

1 comment: